Monday, July 19, 2010

Clash of The Electro


Electroclash sebenarnya masih jauh dikatakan sebagai genre music. Karena genre ini masih sangat belia dan masih baru. Tetapi term electroclash itu sendiri pertama kali di utarakan oleh Larry Tee yang tak lain adalah seorang DJ, Club Promotor dan seorang produser music dari Seattle, USA. Tetapi DJ Hell dari Munich Jerman lah yang pertama kali mengklaim bahwa music dia adalah Electroclash. Estetika secara visual dari electroclash sebenarnya berasal dari soundtrack film cult keluaran tahun 1982 yaitu Liquid Sky karya Slava Tsukerman.

Namun lupakan dulu tentang Liquid Sky, karena itu ada prototipe mentah dari bentuk electroclash modern. Istilah "electroclash" pertama kali di kenalkan media pada tahun 2001, ketika ada festival music bertajuk Electroclash di selenggarakan di New York. Dan genre ini terjadi karena sebuah reaksi melawan music electronic mainstream yang ada saat itu, dan bergerak secara luas di scene bawah tanah saat itu.

Lalu bagaimana dengan ciri khas musik electroclash itu sendiri ? Electroclash adalah hybrid genre antara NEW WAVE dan ELECTRONIC DANCE MUSIC yang juga berakar dari :

-. Electro
-. Electropop
-. Synthpop
-. New Wave
-. New Romanticism
-. Glam Rock

Selain itu band2 Electroclash terinfluence dari New Wave dengan modern art-nya serta menggabungkan suara dari synthpop yang kental pada musiknya. Dan artist2 yang dikenal oleh media saat itu antara lain seperti :


Ladytron


Fischerspooner


Peaches


Chicks on Speed


Miss Kittin & The Hacker

Festival Electroclash sukses pada saat itu, dan pada tahun 2002 diadakan lagi festival serupa di New York yang kemudian dilanjutkan tour keliling dunia pada tahun 2003 sampai 2004. Tetapi festival electroclash berhenti sampai disitu dan matilah genre electroclash saat itu. Meskipun begitu majalah The Guardian mengatakan bahwa electroclash dan minimalist techno adalah “two of the most significant upheavals in recent dance music history.”

Meskipun genre electroclash dikatakan mati dengan berakhirnya festival itu, namun band2 tersebut tetap berjalan dan tetap memproduksi lagu. Dan pada tahun 2009 adalah disebut tahun kebangkitan electroclash.

Nah ini juga beberapa artis yang bisa saya golongkan ke dalam electroclash, yaitu antara lain :


Avenue D


Robots in Disguise


Uffie


Electrocute


Felix da Housecat

Nah, mengapa gw doyan banget dengan electroclash meskipun gw sendiri masih sangat awam dengan electroclash. Satu hal yang pasti adalah musik minimalis techo yang dibawakan dengan gaya vokalis cewe yang "nakal" menggoda dengan lirik lagu kebanyakan bertema "porno" serta "seksual". Hal tersebut yang bikin gw ketagihan dengerin electroclash dan memang kebanyakan hampir mayoritas band electroclash itu vokalisnya adalah cewe, meskipun ada juga yang cowo.

OK, untuk perkenalan dengan electroclash.
Gw sudah membuat album kompilasi ini ... CLASH OF THE ELECTRO



tracklist
01. Avenue D - Slut?
02. Peaches - Shake yer dix
03. Chicks on Speed - Wordy Rappinghood
04. Lesbian On Ecstasy - Tell Me Does She Love The Bass
05. Electrocute - Uh-Oh
06. Munchausen by Proxy - Uh-Huh
07. Krause - Outta Yer Mind
08. Dirty Sanchez - Fucking On The Dance Floor
09. Ladytron - Destroy Everything You Touch
10. Miss Kittin - Professional Distortion
11. Fishcerspooner - Emerge
12. Sexy Sushi - Sex appeal
13. Vive la Fête - Touche Pas
15. Felix da Housecat - Rocket Ride
15. Gravy Train!!!! - Double Decker Supreme
16. Adult. - Glue Your Eyelids Together
17. Uffie - Hot Chick
18. Tying Tiffany - Wake Up
19. Miss Kittin & The Hacker - Life On MTV
20. Robot In Disguise - The Sex Has Made Me Stupid

Download

2 comments: