Sunday, October 23, 2011

KARA | Winter Magic [ a review ]



Jauh sebelum mengenal girl group asal Korea Selatan yang melebarkan sayapnya ke negeri Jepang yang memang asal usul Girl Group Asia Timur yang kemudian ditiru sama Korea Selatan, satu dekade yang lalu ada seorang penyanyi asal Korea Selatan yang saat itu menjadi favorit saya yaitu Kwon Boa yang juga melebarkan sayapnya di negeri J-Pop tersebut dan sukses. Namun saya tidak berbicara mengenai dia, namun kepada KARA. Girl Group asal korea selatan yang beranggotakan Park Gyuri, Han Seungyeon, Jung Nicole, Kang Jiyoung dan Goo Hara juga melebarkan sayapnya ke negeri seberang agar bisa masuk industri musik terkuat di kawasan Asia. Winter Magic adalah salah satu single mereka yang berbahasa Jepang yang digunakan untuk menancapkan eksistensi mereka di pusat industri musik Asia.

Single Winter Magic menurut saya cukup catchy dan dipadu dengan irama yang riang gembira, ada satu instrumen yang mengingatkan saya bahwa musim dingin akan datang dan hari Natal akan tiba. Namun sayang, kelebihan utama dari industri K-Pop terutama Girl Group terletak pada Video Klip mereka yang sangat atraktif dengan dansa. Namun tanpa itu dan hanya berbicara mengenai musik, maka Winter Magic sama saja seperti musik K-Pop or J-Pop yang catchy nan riang gembira di telinga saya namun tanpa ada sesuatu yang lebih.

Telinga saya berharap bahwa vokal girl/boy group adalah sekumpulan penyanyi yang bisa bernyanyi secara berkelompok yang bisa menciptakan harmonisasi suara berdasarkan karakter suaranya masing masing, atau setidaknya berimprovisasi vokal dan itu tidak saya temukan dalam Winter Magic. Namun ada yang sedikit membuat saya kagum ketika track Whisper disenandungkan, cukup kagum juga dengan sedikit harmonisasi suara yang ada disana namun tidak terlalu mencolok.

Overall, sebenarnya ingin mendengarkan lebih akan potensi KARA di dalam satu album. Tetapi dari 2 single plus 2 instrumental buat karaoke, tidak ada sesuatu yang special di dalam musik dan lagunya.

Artist
KARA

Single
Winter Magic

Rilis
2011

Genre
J-Pop

Rating

No comments:

Post a Comment