Sunday, October 23, 2011

Spider and The Flies | Something Clockwork This Way Comes [ a review ]



WTF .... hahahaa, annoying dan weird abis. Benar-benar aneh sekaligus lucu ketika mendengar bunyi-bunyian yang diciptakan oleh Spider And The Flies lewat extended play mereka yaitu Something Clockwork This Way Comes yang rilis di tahun 2009. Ada kalanya musik ini mengingatkan saya akan soundtrack atau scoring film kult horror maupun sci-fi berbudget rendah di era tahun 50'an, namun lebih kental nuansa yang ganjil. Yeah, Spider and The Flies adalah proyek sampingan dari Rhys Webb dan Tom Cowan yang tidak lain adalah personel dari band The Horrors. Sebuah proyekan experimental yang benar-benar "aneh" dalam arti sebenarnya.

Mendengarkan musik ini, saya jadi membayangkan manusia berkepala laba-laba dan manusia berkepala lalat sedang bertarung dengan setting film horror kult klasik berbudget rendah yang penuh dengan spesial efek tembakan laser. Mungkin lebih jelasnya begini, ada UFO datang ke bumi membawa alien berkepala laba-laba dan seorang lagi berkepala lalat turun memakai sinar dari UFO itu sampai turun ketanah lantas berdansa dengan gaya yang aneh dan absurd sambil menembak kesana kemari tak tentu arah lewat pistol lasernya. Aneh, tapi itulah bayangan yang saya dapat ketika mendengarkan musik Spider And The Flies. Experimental dengan permainan noise ala elektronika disuarakan dengan nada nada ganjil dan aneh membuat band ini benar2 unik di telinga saya.

Membicarakan musiknya Something Clockwork This Way Comes dibuka melalui Million Volt Light sangat kental nuansa ambient yang dipadu suara elektronika yang ganjil namun mampu menggambarkan imajinasi seperti yang saya tulis sebelumnya. Track Jungle Planet lebih nge-beat plus penambahan suara2 noise yang sangat annoying. Space Walking sangat monoton dan tidak menarik menurut saya tetapi track selanjutnya yaitu Metallurge cukup menarik. Ini saatnya saya diajak berdansa dengan gerakan yang sangat aneh, konyol nan absurd seperti yang dilakukan kedua alien tersebut yg sudah turun dari UFO dengan gerakan dansa yang sangat aneh dan gak wajar, mungkin bisa dikatakan autis.

Desmond Leslie benar2 pure noise namun tidak se harsh Merzbow atau proyekan noise yang bisa bikin telinga berdarah. Noise yang ada lebih kalem dengan permainan elektronika yang sangat dominan dan annoying kelas berat. Setelah cukup disiksa oleh Desmond Leslie, kedua alien ini mulai berdansa aneh lewat Teslabeat. Mungkin karena efek petir Tesla, kedua alien era 50'an terlempar ke masa depan dan jatuh di masa kini di sebuah klub disko bernama Autochrome yang sedang memainkan dentuman musik techno. Tidak bisa tinggal diam, mereka kemudian berdansa kembali dengan cara yang aneh sampai klub disko itu tutup.

Unik dan aneh, itulah gambaran yang bisa saya berikan akan musik dari Spider And The Flies. Keunikan itu yang membuat band ini menjadi spesial di telinga gw, meski akhirnya tidak mencapai eargasm tetapi Something Clockwork This Way Comes menjadi sesuatu yang sangat baru di telinga saya. Mungkin album ini tidak cocok untuk semua orang, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba memasuki dan mendalami dunia aneh karya Rhys Webb dan Tom Cowan lewat proyek musiknya yang bernama Spider And The Flies.

Artist
Spider And The Flies

Album
Something Clockwork This Way Comes

Rilis
2009

Genre
Experimental, Electronic, Noise

Rating

No comments:

Post a Comment